Kanker Payudara Itu Sebenarnya Apa Sih? Simak Ini!

kanker payudara - durevel123.com

Kanker Payudara – Kanker pada Payudara banyak sekali diderita oleh para wanita. Sebelumnya, pengertian Payudara sendiri adalah organ tubuh yang terbentuk dari jaringan ikat, ribuan kelenjar penghasil air susu (lobulus) dan lemak. Ketika seorang ibu mengandung, ASI (Air Susu Ibu) akan dikirim ke putting melalui saluran kecil ketika sedang menyusui anaknya. Tapi jika seorang wanita tidak mengalami kehamilan, sel ini akan menutup secara otomatis.

Semua sel-sel yang ada pada tubuh biasanya tumbuh dan berkembang dengan teratur. Terbentuknya sel-sel baru hanya terjadi saat tubuh membutuhkan itu. Namun, berbeda dengan proses dalam tubuh penderita kanker. Pertumbuhan dan perkembangan sel tidak akan terkendali. Hal ini adalah akibat dari kurang wajarnya proses tadi.

Setelah tidak terkendali, sel-sel yang tidak normal tadi kemudian menyebar ke seluruh jaringan tubuh melalui pembuluh darah. Saat inilah kanker mengalami proses yang dinamakan proses metastasis. Ini akan sangat menjadi berbahaya bagi penderita karena bisa menjalar ke seluruh tubuh dan sangat beresiko kematian.

Ketika stadium awal sudah bisa terdeteksi, maka kanker masih bisa diobati. Ini akan mencegah kanker menjalar ke seluruh bagian tubuh. Dan ketika sudah di obati, perlahan-lahan kanker bisa hilang dan sembuh total.

Beberapa gejala awal kanker payudara adalah adanya benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Namun tidak semua kanker bisa dideteksi dengan adanya benjolan atau penebalan tersebut.

Penderita Kanker Payudara di Indonesia

Pada tahun 2012 saja, kanker payudara yang terjadi di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk. Data ini dikemukakan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Kanker payudara di Indonesia lebih banyak Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia. Biasanya penderita kanker payudara adalah wanita usia muda, dewasa dan lanjut.

Tidak hanya menyerang kaum wanita saja, kanker payudara juga bisa menyerang para pria meskipun jarang.

Jenis Kanker Payudara

Sepertiga wanita yang mengidap kanker payudara adalah berusia 50 tahun lebih. Ketika Anda menyadari adanya gejala kanker payudara, segeralah untuk segera mengonsultasikannya ke dokter spesialis payudara. Setelah itu, biasanya dokter akan merujuk Anda ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan diagnosis yang masih menjadi gejala.

Pada umumnya, ada 2 jenis Kanker payudara yang biasanya diderita wanita, yaitu invasif dan non-invasif. Untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut:

Kanker Payudara Invasif

Pada Umumnya, bentuk kanker payudara invasif adalah kanker payudara duktal invasif yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara wanita. Arti dari Kanker Invasif ini adalah kanker dapat menyebar di luar payudara wanita atau menjalar. Sekitar 80% dari semua kasus kanker payudara yang diderita wanita adalah jenis kanker payudara yang seperti ini.

Jenis Kanker Payudara Invasif lain:

  • Kanker payudara terinflamasi
  • Kanker payudara lobular invasif
  • Kanker Paget pada payudara

Beberapa jenis kanker ini juga dikenal sebagai kanker payudara metastasis atau sekunder. Biasanya jenis ini dapat menyebar ke bagian lain tubuh wanita. Alat Penyebaran jenis kanker ini biasanya melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yang menyaring bakteri dari tubuh) atau aliran darah wanita.

Kanker payudara non-invasif

Bentuk kanker non-invasif biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. Jenis ini juga sering disebut pra kanker. Tipe duktal karsinoma in situ adalah tipe yang paling umum dari kanker ini. Kanker ini termasuk bersifat jinak dan ditemukan dalam saluran duktus, dan juga biasanya belum menyebar ke bagian tubuh lain.

Pemeriksaan Payudara dan Genetika

Penyebab utama dari kanker payudara masih belum diketahui dan sedang melalui masa penelitian. Oleh karena itu, sangat sulit sekali melakukan pencegahan sepenuhnya untuk kanker payudara. Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara, seperti faktor usia dan riwayat kesehatan keluarga yang mungkin bisa menjadi turunan.

Sangat dianjurkan bagi wanita dengan kemungkinan terkena kanker payudara melebihi rata-rata untuk melakukan Pemeriksaan genetika dan payudara. Bagi wanita, Resiko kanker payudara bisa meningkat seiring usianya, oleh karena itu wanita berusia 50-70 tahun dianjurkan memeriksakan diri setiap tiga tahun sekali ke dokter. Dan untuk wanita yang berusia 70 tahun ke atas juga sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Langkah-langkah Pengobatan Kanker Payudara

Ada sebuah penelitian yang mengatakan, Satu dari sembilan orang wanita akan terkena kanker payudara selama seumur hidup. Jika kanker terdeteksi pada tahap awal, ini akan memiliki peluang untuk sembuh melalui langkah-langkah pengobatan yang dilakukan dokter. Oleh Karena itu, bagi seorang wanita, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan payudara secara rutin ke dokter.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker payudara diantaranya adalah melakukan kombinasi radioterapi, operasi, dan kemoterapi. Ada Beberapa kasus kanker payudara yang juga dapat ditangani melalui terapi hormon atau biologis. Bisa juga mengobati kanker payudara dengan menggunakan obat-obat alami seperti Breasty Lovely.

Breasty Lovely merupakan herbal pembesar payudara yang diciptakan khusus bagi para wanita yang ingin memiliki payudara yang sehat, indah, kencang, berisi, dan tentunya besar. Campuran minyak alami yang terkandung dalam Breasty Lovely seperti minyak apple, minyak atsiri, minyak sereh, dan minyak bulus terbukti ampuh mengencangkan otot payudara. Bahkan, berdasarkan penelitian, para pengguna Breasty Plus ini bisa terhindar dari kanker maupun tumor yang menyerang payudara wanita.

Comments

comments

5 thoughts on “Kanker Payudara Itu Sebenarnya Apa Sih? Simak Ini!

  1. tyas arisinta says:

    apakah dengan breasty lovely juga akan membuat payudara orang yang baru melahirkan kembali kencang dan indah lagi gan?

    1. Devi Aura says:

      mungkin akan memakan waktu beberapa waktu untuk mengembalikan keindahannya. karena ketika baru melahirkan, ibu harus menyusui buah hati. mungkin setelah ibu menyusui akan lebih cepat ibu bisa mendapatkan kembali keindahan payudara dengan breasty lovely

  2. ratna antika says:

    apa payudara yang sering diremas itu bisa menjadi penyebab kanker payudara min?

    1. Devi Aura says:

      tidak mbak, justru malah payudara yang sering diremas bisa mencegah adanya kanker payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *