Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini!

Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini

Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini

Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini! – Ada perubahan yang signifikan pada kondisi kesehatan di Indonesia sekarang ini. Yaitu lebih meningkatnya angka kejadian dari penyakit degeneratif dibandingkan angka kejadian penyakit infeksi. Penyaktit degeneratef adalah penyakit yang merupakan akibat dari gangguan metabolisme sel yang menimbulkan menurunnya fungsi normal tubuh. Ada beberapa sebab yang ditemukan mengenai hal ini, diantaranya adalah perubahan gaya hidup masyarakat yang terpengaruh oleh modernisasi dan westernisasi.

Pada masa ini masyarakat dihadapkan pada kondisi serba instan dan cepat, kebiasaan merokok yang saat ini masih menjadi trend makanan cepat saji menjadi pilihan utama dibandingkan makanan rumahan, dan pola tidur yang berubah dikarenakan munculnya kota-kota metropolitan yang aktif 24 jam. Disamping itu aktivitas harian yang tidak berbanding dengan besar asupan kalori yang masuk banyak dialami masyarakat saat ini. Hal ini mengakibatkan kegemukan atau obesitas merupakan sesuatu hal yang lumrah dan banyak ditemukan pada masyarakat sekarang.

Tidak ada kemunculan gejala dengan cepat pada Penyakit degeneratif ini, ada banyak sekali faktor yang mendukung penyakit-penyakit ini yang membutuhkan waktu sehingga seseorang dapat mengeluhkan gejala dari penyakit degeneratif. Ada beberapa penyakit degeneratif yang masuk kedalam tiga besar terbanyak yang ada di Indonesia yaitu penyakit stroke, penyakit Diabetes mellitus (kencing manis), dan penyakit jantung koroner. Penyebab mortalitas (kematian) tertinggi di Indonesia adalah Ketiga penyakit tersebut.

Dari ketiga penyakit diatas, penyakit jantung coroner merupakan penyakit yang mempunyai resiko kematian yang cukup tinggi. Hal ini karena penyakit ini menyebabkan gangguan sistem pembuluh darah yang memberikan nutrisi dan oksigen pada jantung menjadi terhambat hingga tertutup total sehingga terjadi kerusakan pada sel otot jantung manusia. Penyakit jantung ini juga sangat beresiko mengalami komplikasi dengan penyakit seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, asam urat, infeksi paru-paru, dan lain sebagainya.

Menderita Penyakit jantung pada fase akut dapat menyebabkan kematian pada seseorang. Kalaupun pasien selamat, banyak diantaranya mengalami kerusakan otot jantung permanen yang dapat menyebabkan penurunan dari fungsi jantung pada pasien, penderita jantung koroner biasanya akan selalu memilki obat rutin yang wajib diminum agar fungsi jantungnya selalu terjaga. Seumur hidup akan terus begitu. Pastinya Penurunan fungsi jantung permanen ini akan mempengaruhi kualitas hidup dari pasien penderita jantung koroner.

Karena penyakit jantung coroner sangat berbahaya, maka disini kami akan membahas tentang cara untuk mencega penyakit jantung

Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini!

Cek Rutin Profil Lemak (Lipid)

Ada 3 komponen penting pada lemak darah, yaitu jumlah Trigliserida (TG), HDL (High Density Lipoprotein), dan LDL (Low Density Lipoprotein). Kadar kolesterol sangat berkaitan dengan tiga komponen lipid darah tersebut. Dan hubungannya dengan penyakit jantung adalah Dimana kolesterol dapat menjadi faktor pembentuk plak pada pembuluh darah jantung dan menutup jaringan darah ke jantung.

Kurangi Makanan Tinggi Lemak Dan Tinggi Kadar Garam

Di era modern seperti saat ini, makanan instan cepat saji mendominasi menu makanan masyarakat. Lemak dan garam yang terkandung pada makanan tersebut sangatlah tinggi dan tentunya sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung koroner. Apabila pola makan ini terus diterapkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan kadar kolesterol darah pada pasien, akan ada peningkatan pada resiko penyakit kencing manis dan hipertensi yang merupakan faktor resiko penyakit jantung yang signifikan.

Jika Memiliki Kencing Manis, Kontrol Gula Darah

Apabila anda memiliki penyakit kencing manis atau diabetes, anda sebaiknya rutin menggunakan insulin maupun meminum obat anti diabetes. Melakukan kontrol untuk memeriksakan kadar gula darah anda juga menjadi kunci keberhasilan terapi secara rutin. Tingginya Kadar gula darah dapat memicu gangguan metabolisme nutrien sehingga menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah yang membuat resiko terjadinya penyakit jantung koroner semakin meningkat. Melakukan Perubahan pada pola makan sangat dianjurkan untuk mengontrol kadar gula darah pasien kencing manis.

Perhatikan Kadar Asam Urat Anda

Menurut penelitian terbaru, Faktor resiko utama yang menjadi penyebab utama terjadinya plak pada pembuluh darah jantung bukan hanya Kadar kolesterol darah saja. Akan tetapi kadar asam urat tinggi dalam darah juga dapat meningkatkan kekentalan darah dan mempengaruhi peningkatan kadar kalsium darah yang nantinya dapat menjadi faktor pendukung terbentuknya plak-plak pada pembuluh darah jantung, inilah kenapa kadar asam urat yang tinggi bisa menimbulkan penyakit jantung coroner.

Kontrol Tekanan Darah Tinggi Anda

Beban jantung sebagai organ pemompa darah bisa meningkat karena Penyakit darah tinggi atau hipertensi. Sebabnya adalah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah terutama pembuluh darah jantung yang dikarenakan penyakit hipertensi. Pembuluh darah bisa menjadi kaku dan menurunkan kelenturan atau elastisitas pembuluh darah jantung hanya dikarenakan Penyakit darah tinggi. Bukan hanya itu, hipertensi juga memicu langsung terbentuknya plak-plak di pembuluh darah jantung yang membuat pembuluh darah pada jantung tersumbat. Resiko penyakit jantung dapat menurun jika Penyakit darah tinggi dikontrol dengan baik dengan obat-obatan antihipertensi dan modifikasi gaya hidup.

Koping Stress Anda Dengan Baik Dan Cukup Istirahat

Keadaan Stress dapat mengakibatkan gangguan psikis yang bila terjadi berlarut-larut dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius dan mengerikan, keadaan stress dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, gula darah mengalami peningkatan dan kadar kolesterol darah meningkat. Kalau kurangnya istirahat dapat mengganggu proses detoksifikasi tubuh terhadap radikal bebas dari luar, hal ini dapat meningkatkan kadar radikal bebas yang dapat memicu timbulnya plak-plak sumbatan di pembuluh darah jantung manusia. Tidak hanya itu, kurang istirahat juga dapat menggangu keseimbangan hormon yang dapat memicu berbagai penyakit metabolik degeneratif lain seperti kencing manis dan hipertensi atau darah tinggi.

Jangan Mengonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Bagi Pecandu kopi, mengonsumsi kopi hingga lebih dari 5-6 cangkir (150 ml/ cangkir) perhari adalah hal biasa. Padahal sebenarnya dia telah mengkonsumsi kafein dengan jumlah 600 mg per harinya. Karena inilah kadar homosistein dapat meningkat. Homosistein adalah suatu asam amino essensial yang terbentuk saat tubuh mengeluarkan protein dari dalam tubuh. Homosistein yang tinggi sangat berkaitan erat dengan meningkatnya resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Agar resiko penyakit jantung menurun, sebaiknya anda mengurangi konsumsi kopi perharinya.

Rutin Berolahraga dan Aktifitas Fisik

Jika melakukan Aktivitas rutin dan olahraga selama seminggun akan membakar 2000 kalori, dan ini dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Kadar kolesterol darah juga bisa menurun dengan cepat ketika seseorang melakukan Olahraga seperti renang, jogging, dan tenis dalam waktu 4-5 jam (4-5 kali) dalam seminggu. Bukan itu saja, olahraga rutin dan aktifitas fisik juga membantu peningkatan sirkulasi darah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke organ tubuh terutama jantung agar kerja jantung bisa selalu optimal.

Stop Konsumsi Alkohol

Dengan sering meminum Alkohol, hati anda akan rusak dan tidak bekerja dengan baik. Hati merupakan organ penting pengatur metabolisme zat nutrien di dalam tubuh anda, apabila anda mengkonsumsi alkohol terus menerus anda akan mengalami gangguan metabolism lemak karena irama jantung anda terganggu gara-gara hati anda rusak dan tidak seimbang.

Usahakan Tidak Merokok

Resiko penyakit jantung akan bertambah pada perokok aktif maupun pasif. Hal ini bisa terjadi karena kandungan radikal bebas pada asap rokok telah diteliti dapat merusak secara langsung sel pelapis pembuluh darah jantung. Dan karena inilah plak-plak awal di pembuluh darah jantung timbul. Dan jika dibiarkan, plak-plak tersebut akan menjadi penyakit jantung coroner.

Cegah Obesitas

Obesitas atau Kegemukan dapat meningkatkan resiko terjadi penyakit jantung koroner. Meskipun faktor ini saling terkait dengan faktor lain seperti penyakit hipertensi dan tingginya kadar kolesterol, tapi resiko terkena penyakit jantung coroner akan meningkat karena obesitas. Resiko penyakit kencing manis juga bisa meningkat kapan saja pada orang yang mengalami obesitas. Sudah dibahas diatas, bahwa salah satu gejala penyakit jantung coroner adalah kencing manis.

Minum Obat Herbal

Ada beberapa obat herbal yang terbukti mampu mengobati penyakit jantung, salah satunya adalah strong power. Strong power ini bekerja sangat cocok bagi para penderita hipertensi atau darah tinggi yang merupakan gejala awal penyakit jantung. obat ini dipercaya sudah bisa menghilangkan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah yang awalnya tinggi bisa berangsur merendah dengan obat ini. untuk lebih lengkapnya bisa dicari informasinya DISINI.

Itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung coroner. Anda bisa melakukan itu semua jika memang anda ingin sembuh. Semua orang bisa sembuh jika memang usahanya keras. Jadi anda harus bekerja keras, yakin, serta berdoa agar bisa sembuh dari penyakit mematikan yang satu ini. anda tidak boleh menyerah jika memang anda masih bisa berusaha melawan penyakit anda tersebut.

“Bagaimana Tuhan akan menyembuhkan anda jika anda tidak yakin bahwa anda bisa sembuh?”

Comments

comments